Home » » Manajemen Metabolisme

Manajemen Metabolisme

Tubuh gemuk, kurus, sehat, sakit, kuat atau lemas, seperti itu semua adalah hasil dr kerja metabolisme. Metabolisme merupakan proses perubahan secara fisik & kimiawi dlm jaringan maupun sel tubuh untuk mempertahankan hidup & pertumbuhannya. Secara sederhana, metabolisme berarti mengubah nutrisi dr makanan menjadi energi melalui serangkaian reaksi kimia di dlm tubuh.


Karena merupakan suatu reaksi kimia, maka reaksi seperti ini bisa berlangsung cepat ataupun lambat. Semakin cepat terjadinya proses metabolisme, maka semakin banyak energi dihasilkan dr proses pembakaran kalori tubuh. Namun, semakin lambat proses metabolisme, maka kalori diubah menjadi energi akan paling sedikit. Cepat lambatnya proses metabolisme akan mempengaruhi kecepatan naik turunnya berat badan. Oleh karena itu, bila dapat mengendalikan metabolisme, maka Kita dapat mengendalikan berat badan.

Faktor pengendali kecepatan metabolisme

Usia

Kita berusia di atas 30 tahun mungkin akan heran, mengapa dgn pola makan sama dgn disaat Kita berusia 20 tahun atau disaat Kita remaja, tetapi tubuh Kita menjadi mudah gemuk? Jawabannya adalah karena metabolisme. Kecepatan metabolisme memang berkurang sejalan dgn bertambahnya usia.

Jenis kelamin

Wanita memiliki metabolisme paling rendah daripd pria. Rata-rata pria memiliki proporsi tulang, organ, & otot paling besar dibandingkan wanita. Jadi tak heran bila metabolisme pria pun paling besar.

Komposisi tubuh

Orang dgn berat ba& normal & memiliki banyak otot mempunyai metabolisme paling tinggi dibandingkan orang gemuk memiliki banyak lemak.

Iklim

Orang hidup di daerah tropis memiliki metabolisme 10% paling rendah dibandingkan orang hidup di daerah sub tropis.

Gizi

Keadaan gizi buruk berkepanjangan akan mengurangi metabolisme 10-20%.

Tidur

Disaat kita tidur, metabolisme akan 5% paling rendah dibandingkan disaat bangun.

Demam

Karena panas dapat mempercepat suatu reaksi kimia, apabila tubuh sedang demam, maka kecepatan metabolisme akan meningkat. Salah satu tujuan dr meningkatnya metabolisme adalah untuk mempercepat perbaikan sel-sel rusak & mempercepat proses penyembuhan.

Hormon & obat-obatan

Ada hormon & obat-obatan bekerja untuk mempercepat metabolisme, namun ada juga bekerja memperlambat metabolisme.

Aktivitas fisik

Semakin banyak & semakin berat aktivitas seseorang, maka akan semakin tinggi pula metabolismenya.


Share this article :

0 komentar:

mobile ads

 
powered by Blogger