Home » » contoh proposal penelitian - cara membuat

contoh proposal penelitian - cara membuat

contoh proposal penelitian - cara membuat sama saja dengan tentang cara membeuat proposal usaha, sebenarnya itu berlaku untuk semua jenis proposal tanpa terkecuali. proposal penelitian memang agak berbeda dengan prposal usaha.

Format proposal penelitian:
Bab I
Pendahuluan/ latar belakang
perumusan masalah
tujuan penelitian
hipotesis
manfaat penelitian

Bab II
Tinjauan pustaka

Bab III
Metode penelitian


contoh proposal penelitian


BAB I. PENDAHULUAN
1.          Latar Belakang Pemilihan Topik
Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa. Kurikulum baru tahun 2004 mempertegas bahwa proses pembelajaran harus berpusat pada peserta belajar, pengajar bukan sebagai satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam pembelajaran.  

Perkembangan teknologi jaringan Internet telah mengubah paradigma dalam mendapatkan informasi dan berkomunikasi, yang tidak lagi dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu. Melalui keberadaan internet mereka bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dimanapun dan kapanpun waktu yang diinginkan. Salah satu bidang yang tersentuh dampak perkembangan teknologi ini adalah dunia pendidikan. Sebagai sebuah sumber informasi yang hampir tak terbatas, maka jaringan internet memenuhi kapasitas dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran dalam dunia pendidikan. Bahkan beberapa perguruan tinggi ternama, mencanangkan lahirnya sistem pembelajaran yang berbasiskan teknologi jaringan ini, seperti lahirnya konsep tentang distance learning, web-based education, dan e-learning, yang kalau ditinjau dari implementasinya mempunyai wujud yang hampir sama, yaitu memanfaatkan fasilitas jaringan internet sebagai salah satu sarana dan media dalam pendidikan dan pengajaran. Melihat perkembangan fenomena ini, akan sangat tertinggal dunia pendidikan kita, jika  tidak bisa memanfaatkan teknologi internet. Walaupun belum akan menyelenggarakan pengajaran maupun pendidikan berbasiskan internet, setidaknya dosen mampu dan menganjurkan pemanfaatan resources yang ada di internet sebagai salah satu sumber pembelajaran maupun bahan pengajaran. Selain sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di kampus, sekarang ini berkembang teknologi internet yang memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya. 



Universitas Galuh merupakan satu-satunya universitas yang berada di tatar Galuh Ciamis, tepatnya di Jalan R. E. Martadinata nomor 150 Ciamis 46251, Jawa Barat. Universitas ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis. Perguruan tinggi ini didirikan pada hari selasa tanggal 8 April 1998. Cikal bakal berdirinya universitas ini adalah mergernya beberapa sekolah tinggi yang ada di Ciamis pada waktu itu, yaitu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Galuh, Sekolah Tinggi Hukum Galuh, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galuh, dan Sekolah Tinggi Ilmu Politik Galuh. Pada awal pembentukannya hanya terdapat 3 (tiga) fakultas, yakni: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomi. Seiring dengan perkembangannya kemudian ada penambahan untuk Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, dan yang terbaru adalah Fakultas Kesehatan. Sehingga kini universitas ini terdiri dari tujuh fakultas dengan duapuluh program studi. Universitas Galuh kini juga menyelenggarakan program pascasarjana (S2), program studi Magister Manajemen serta Magister Manajemen Pendidikan.
Seiring bertambahnya beberapa fakultas akan berpeluang juga terhadap perkembangan dan jumlah mahasiswa. Namun disisi lain harus terpenuhinya pelayanan yang optimal baik sumber daya dosen sarana dan prasarana serta sarana teknologi (internet) yang bisa diakses dan dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai media pembelajaran.
Berdasarkan observasi yang penulis lakukan di universitas galuh,  kenyataan dilapangan bahwa pemnfaatan internet sebagai media atau bahan ajar masih belum optimal. Hal tersebut dilihat dari indikator sebagai berikut:
1.       Pemanfaatan internet sebagai media informasi dan komunikasi serta sistem administrasi online masih belum diterapkan, hal tersebut cenderung mahasiswa belum mengenal registrasi online, sehingga pemanfaatan internet sebagai sumber informasi masih kurang.
2.       Area hotspot yang bisa diakses oleh mahasiswa masih kurang. Contohnya; tidak ada ruangan khusus mahasiswa untuk berinternet, sehingga mahasiswa kesulitan mencari informasi online saat jam istirahat  perkuliahan.
3.       Tidak semua dosen mengenal teknologi (internet). Contohnya; pemanfaatan internet sebagai media dan sumber belajar masih kurang, seperti penggunaan e-mail, tugas online, upload materi bahan ajar dan nilai mahasiswa online, hal tersebut  berdampak terhadap rendahnya  motivasi mahasiswa untuk belajar dan memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran. 
Berdasarkan masalah-masalah tersebut di atas peneliti ingin lebih jauh dan membuktikan melalui penelitian ini tentang sejauh mana mahasiswa Universitas Galuh telah memanfaatkan teknologi internet sebagai sumber belajar yang mendukung proses belajarnya di bangku kuliah. 


contoh proposal penelitian bisa di download di sini tentu saja dalam format microsoft word atau (file.doc)

proposal penelitian ini dengan topik e learning
Share this article :

0 komentar:

mobile ads

 
powered by Blogger