Home » , » Macam-macam surat dinas

Macam-macam surat dinas

Surat dinas adalah berkas yang dibuat oleh suatu badan pemerintah, badan itu biasanya berada dibawah suatu departemen, seperti dinas pendidikan nasional berada dibawah departemen pendidikan, Dinas Peternakan berada dibawah Departemen Pertanian. Surat dinas memiliki banyak macam jenis tergantung dari maksud dan keperluan suart dinas terebut.

Membedakan satu surat dinas dengan surat dinas yang lain dapat dilakukan hanya dengan melihat hal yang dituliskan dibagian atas surat dinas tersebut, biasanya dibawah nomor dan lampiran surat. Dari hal dalam surat ini akan diketahui macam dari surat dinas tersebut.

Orang yang berwewenang menulis surat dinas adalah bagian kesekretariatan, merekalah yang mengetahui seluk-beluk tata cara penulisan surat dinas yang baik dan benar. Mereka juga berwewenang memeriksa setiap surat dinas yang akan dikeluarkan, setiap paraf dari bagian kesekretariatan menandakan bahwa surat dinas terebut sudah diperiksa dengan baik dan benar, selanjutnya baru kepala dinas menandatangani surat dinas tersebut.

Macam-macam surat dinas berdasarkan keperluan.
Surat pemberitahuan dari dinas
Surat Undangan dari dinas
Surat permohonan dari dinas
Surat pernyataan dari dinas
Surat perintah
Surat mandat
Surat Izin dari dinas

Download salah satu contoh surat dinas dalam format Microsoft word (file.doc)
Share this article :

0 komentar:

mobile ads

 
powered by Blogger