Home » » Cara budidaya tanaman

Cara budidaya tanaman

Budidaya tanaman atau budi daya tanaman, menjadi objek pembicaraan menarik, baik di kampus ataupun di tengah-tengah masyarakat. melakukan budidaya tanaman memang terlihat gampang, namun secara praktek cara budidaya tanaman ini jauh lebih sulit dari teorinya. banyak hal yang harus diperhatikan dalam malakukan budidaya tanaman. semisal; cara penggemburan tanah yang baik, cara menyemai bibit, cara menanam hasil semai, cara memberi pupuk, cara menyemprot hama tanaman dan sebagainya sampai kepada cara memanen tanaman, hingga penanganan pasca panen. itulah yang disebut dengan budidaya tanaman.

Cara budidaya tanaman secara praktis adalah sebagai berikut; perta anda harus benar-benar menyiapkan lahan yang sudah kosong atau disiangi dari rumput, perhatikan kegemburan tanah, ciri-ciri tanah yang gembur bila dia diangkat dengan jari yang renggang maka tanah itu akan berjatuhan kembali. dalam budidaya tanaman di tahap awal sebainya jangan terlalu banyak menggunakan pestisida.


Langkah berikutnya dalam budidaya tanaman ini siapakan bibit yang akan disemai, pilihlah bibit yang baik, gunakan air dalam wadah untuk menguji tingkat mutu bibit, semakin sedikit bibit yang mengapung maka semakin baik kualitas benih/ bibit tanaman itu. itu kunci kedua dalam budidaya tanaman.

Sealanjutnya dalam budidaya tanaman juga harus diperhatikan jarak tanam, tumbuhan muda memiliki jarak taam yang lebih rapat dibandingkan dengan tumbuhan tua, seperti sawi akan lebih rapat jarak tanamnya dibandingkan dengan cabai. Inagat dalam cara budidaya tanaman bukan mengutamakan kuantitas tapi utamakanlah kualitas.

Bila kita ingin melakukan budidaya tanaman bunga atau tanaman hias maka sebaiknya pilih bibit bunga yang dijual dalam kemasan aluminium foil, ini jauh lebih terbukti menjaga kualitas bibit bunga tersebut. Benih/ bibit merupakan faktor utama dalam keberhasilan budidaya tanaman.

Tahap berikutya yang paling penting dalam budidaya tanaman ini adalah mencegah hama/ pencegahan hama tanaman. Mencegah timbulnya hama akan lebih baik daripada harus mengatasi hama yang datang. Budidaya tanaman yang baik sanagt mengutamakan kesehatan lingkunagan, jadi gunakanlah pestisida secukupnya saja, dan perhatikan label pestisida ang anda beli, pastikan memiliki logo ramah lingkingan dan mudah didaur ulang. ini sangat penting dalam menciptakan budidaya tanaman modern.

Cara budidaya tanaman di lahan yang sempit sebaiknya pilih tanaman yang memiliki hasil besar (harga jualnya mahal) seperti buah naga, cabai, kentang. atau bisa juga dipilih tanaman yang umurnya singkat seperti bayam, kacang panjang. Untung rugi budidaya tanaman bergantung pada jenis tanaman yang anda tanam.

Budidaya tanaman penangan pasca panen sering kali mengalami kegagalan karen kesalahan dalam memilih jenis tanaman yang akan ditanam, banyak sekali masyarakat rugi karena menanam tanaman yang harganya tidak stabil. sehingga mengalamai kerugian total pada kegiatan budidaya tanaman ini. 

demikian penjelasan singkat kami tentang usaha budidaya tanaman ini, semoga bermanfaat, dan jadikanlah budidaya tanaman sebagai sebuah usaha yang maju .
Share this article :

0 komentar:

mobile ads

 
powered by Blogger