Contoh Contoh Bioma


Contoh Contoh Bioma  ada antara lain:
1. Bioma Gurun & Setengah Gurun

Bioma gurun / setengah gurun banyak diAfrika Utara Amerika Utara, Asia Barat, Australia.

Ciri-ciri Bioma gurun / setengah gurun:

Curah hujan + 25 cm/tahun (sangat rendah)
Kecepatan penguapan lebih cepat dari presipitasi
Sangat rendahnya kelembaban udara
siangdapat mencapai 45 C, malam dapat turun sampai 0 C (Perbedaan suhu siang hari dengan malam harisangat tinggi)
karena tidak mampu menyimpan air, Tanah menjadi tandus

Biotik Bioma gurun / setengah gurun:

- Flora: tumbuhan serofit (tumbuhan  dapat hidup di daerah kering)

- Fauna: hewan besar  hidup di gurun umumnya  mampu menyimpan air, misalnya unta, se&g untuk hewan-hewan kecil misalnya kadal, ular, tikus, semut, umumnya hanya aktif hidup pada pagi hari, pada siang hari  terik mereka hidup pada lubang-lubang.

2. Bioma Pa&g Rumput

Bioma pa&g rumput membentang mulai dari daerah tropis sampai dengan daerah beriklim se&g, seperti Hongaria, Rusia Selatan, Asia Tengah, Amerika Selatan, Australia.

Ciri-ciri Bioma Pa&g Rumput:

Curah hujan antara 25 – 50 cm/tahun, di beberapa daerah pa&g rumput curah hajannya dapat mencapai 100 cm/tahun. Curah hujan  relatif rendah turun secara tidak teratur. Turunnya hujan  tidak teratur tersebut menyebabkan porositas & drainase kurang baik sehingga tumbuh-tumbuhan sukar mengambil air.
Lingkungan biotik:

- Flora Bioma Pa&g Rumput: tumbuhan  mampu beradaptasi dengan daerah dengan
porositas & drainase kurang baik adalah rumput, meskipun ada pula tumbuhan lain  hidup selain rumput, tetapi karena mereka merupakan vegetasi  dominan maka disebut pa&g rumput. Nama pa&g rumput bermacam-macam seperti stepa di Rusia Selatan,puzta di Hongaria, prairi di Amerika Utara & pampa di Argentina.

- Fauna Bioma Pa&g Rumput: bison & kuda liar (mustang) di Amerika, gajah & jerapah di Afrika, domba & kanguru diAustralia. Karnivora: singa, srigala, anjing liar, cheetah.

3. Bioma Sabana

Bioma sabana adalah pa&g rumput dengan diselingi oleh gerombolan pepohonan. Berdasarkan jenis tumbuhan  menyusunnya, sabana dibedakan menjadi dua, yaitu sabana murni & sabana campuran.

- Bioma Sabana disebut Sabana murni : bila pohon-pohon  menyusunnya hanya terdiri atas satu jenis tumbuhan saja.
- Bioma Sabana disebut Sabana campuran : bila pohon-pohon penyusunnya terdiri dari campuran berjenis-jenis pohon.

4. Bioma Hutan Tropis

Bioma hutan tropis merupakan bioma berkeanekaragaman jenis tumbuhan juga hewan  paling tinggi. Meliputi daerah aliran sungai Amazone-Orinaco, Amerika Tengah, sebagian besar daerah Asia Tenggara & Papua Nugini, & lembah Kongo di Afrika.

Ciri-ciri Bioma Hutan Tropis:

Curah hajannya tinggi, merata sepanjang tahun, yaitu antara 200 – 225 cm/tahun.
Matahari bersinar sepanjang tahun.Dari bulan satu ke bulan  lain perubahan suhunya relatif kecil. Di bawah kanopi atau tudung pohon, gelap sepanjang hari, sehingga tidak ada perubahan suhu antara siang & malam hari.

- Flora: pada biorna hutan tropis terdapat beratus-ratus spesies
tumbuhan. Pohon-pohon utama dapat mencapai ketinggian 20 – 40 m, dengan cabang-cabang berdaun lebat sehingga membentuk suatu tudung atau kanopi.

Tumbuhan khas  dijumpai adalah liana & epifit. Liana adalah tumbuhan  menjalar di permukaan hutan, contoh: rotan. Epifit adalah tumbuhan  menempel pada batang-batang pohon, & tidak merugikan pohon tersebut, contoh: Anggrek, paku Sarang Burung.

- Fauna: di daerah tudung  cukup sinar matahari, pada siang hari hidup hewan-hewan  bersifat diurnal yaitu hewan  aktif pada siang hari, di daerah bawah kanopi & daerah dasar hidup hewan- hewan  bersifat nokfurnal yaitu hewan  aktif pada malam hari, misalnya: burung hantu, babi hutan,kucing hutan, macan tutul.

5. Hutan Musim

Di daerah tropis, selain hutan tropis terdapat pula hutan musim. 
Ciri Hutan Musim tumbuhan  membentuk formasi hutan musim:

Pohon-pohonnya tahan dari kekeringan & termasuk tumbuhan tropofit, artinya mampu beradaptasi terhadap keadaan kering & keadaan basah pada saat musim kemarau (kering), daunnya meranggas, sebaliknya saat musim hujan, daunnya lebat. Hutan musim biasa diberi nama sesuai dengan tumbuhan  dominan, misalnya: hutan jati, hutan angsana. Di Indonesia, hutan musim dapat ditemukan di daerah Jawa Tengah & Jawa Timur. Fauna  banyak ditemukan rusa, babi hutan, harimau.

6. Hutan Lumut

Hutan lumut banyak ditemukan di lereng gunung atau pegunungan  terletak pada ketinggian di atas batas kondensasi uap air. Disebut hutan lumut karena vegetasi  dominan adalah tumbuhan lumut. Lumut  tumbuh tidak hanya di permakean tanah & bebatuan, tetapi mereka pun menutupi batang-batang pohon berkayu. Jadi pada hutan lumut,  tumbuh tidak hanya lumut saja, melainkan hutan  banyak pepohonannya  tertutup oleh lumut. Sepanjang hari hampir selalu hujan karena kelembaban  tinggi & suhu rendah menyebabkan timbulnya embun terus-menerus.

7. Bioma Hutan Gugur (Deciduous Forest)

Ciri khas bioma hutan gugur adalah tumbuhannya sewaktu musim dingin, daun-daunnya meranggas. Bioma ini dapat dijumpai di Amerika Serikat, Eropa Barat, Asia Timur, & Chili.

Ciri-ciri Bioma Hutan Gugur:

- Curah hujan merata sepanjang tahun, 75 – 100 cm/tahun.
– Mempunyai 4 musim: musim panas, musim dingin, musim gugur & musim semi
– Keanekaragaman jenis tumbuhan lebih rendah daripada bioma hutan tropis.

Musim panas pada bioma hutan gugur, energi radiasi matahari  diterima cukup tinggi, demikian pula dengan presipitasi (curah hujan) & kelembaban. Kondisi ini menyebabkan pohon-pohon tinggi tumbuh dengan baik, tetapi cahaya masih dapat menembus ke dasar, karena dedaunan tidak begitu lebat tumbuhnya. Konsumen  ada di daerah ini adalah serangga, burung, bajing, & racoon yaitu hewan sebangsa luwak/musang.

Pada saat menjelang musim dingin, radiasi sinar matahari mulai berkurang, subu mulai turun. Tumbuhan mulai sulit mendapatkan air sehingga daun menjadi merah, coklat akhirnya gugur, sehingga musim itu disebut musim gugur.

Pada saat musim dingin, tumbuhan gundul & tidak melakukan kegiatan fotosentesis. Beberapa jenis hewan melakukan hibernasi (tidur pada musim dingin). Menjelang musim panas, suhu naik, salju mencair, tumbuhan mulai berdaun kembali (bersemi) sehingga disebut musim semi.

8. Bioma Hutan Taiga / Hutan Homogen

Bioma ini kebanyakan terdapat di daerah antara subtropika dengan daerah kutub, seperti di daerah Skandinavia, Rusia, Siberia, Alaska, Kanada.

Ciri-ciri bioma hutan taiga:

Perbedaan antara suhu musim panas & musim dingin cukup tinggi, pada musim panas suhu tinggi, pada musim dingin suhu sangat rendah.
Pertumbuhan tanaman terjadi pada musim panas  berlangsung antara 3 sampai 6 bulan.
Flora khasnya adalah pohon berdaun jarum/pohon konifer, contoh pohon konifer adalah Pinus merkusii (pinus). Keanekaragaman tumbuhan di bioma taiga rendah, vegetasinya nyaris seragam, dominan pohon-pohon konifer karena nyaris seragam, hutannya disebut hutan homogen. Tumbuhannya hijau sepanjang tahun, meskipun dalam musim dingin dengan suhu sangat rendah.
Fauna  terdapat di daerah ini adalah beruang hitam, ajak, srigala & burung-burung  bermigrasi kedaerah tropis bila musim dingin tiba. Beberapa jenis hewan seperti tupai & mammalia kecil lainnya maupun berhibernasi pada saat musim dingin.

9. Bioma Hutan Tundra

Bioma ini terletak di kawasan lingkungan Kutub Utara sehingga iklimnya adalah iklim kutub. Istilah tundra berarti dataran tanpa pohon, vegetasinya didominasi oleh lumut & lumut kerak, vegetasi lainnya adalah rumput-rumputan & sedikit tumbuhan berbunga berukuran kecil.

Ciri-ciri Bioma Hutan Tundra:

Mendapat sedikit energi radiasi matahari, musim dingin sangat panjang dapat berlangsung selama 9 bulan dengan suasana gelap. Musim panas berlangsung selama 3 bulan, pada masa inilah vegetasi mengalami pertumbuhan. Fauna khas bioma tundra adalah “Muskoxem” (bison berhulu tebal) & Reindeer/Caribou (rusa kutub).

10. Hutan Bakau Mangrove 
Hutan bakau/mangrove banyak ditemukan di sepanjang pantai  landai di daerah tropik & subtropik. Tumbuhan  dominan adalah pohon bakau (Rhizophora sp), sehingga nama lainnya adalah hutan bakau, selain pohon bakau ditemukan pula pohon Kayu Api (Avicennia) & pohon Bogem (Bruguiera).

Ciri-ciri Hutan Bakau Mangrove :

Kadar garam air & tanahnya tinggi.
Kadar O2 air & tanahaya rendah.
Saat air pasang, lingkungannya banjir, saat air surut lingkungannya becek & herlumpur.
Dengan kondisi kadar garam tinggi, menyebabkan tumbuhan bakau sukar menyerap air meskipun lingkungan sekitar banyak air, keadaan ini dikenal dengan nama kekeringan fisiologis. Untuk menyesuaikan dengan lingkungan tersebut tumbuhan bakau memiliki dedaunan  tebal & kaku, berlapiskan kutikula sehingga dapat mencegah terjadinya penguapan  terlalu besar.

Untuk menyesuaikan diri dengan kadar O2 rendah, tumbuhan bakau memiliki akar nafas  berfungsi menyerap O2 langsung dari udara. Agar individu baru tidak dihanyutkan oleh arus air akibat a&ya pasang naik & pasang surut terutama pada bakau kita dapati suatu fenomena  dikenal dengan nama VIVIPARI  artinya adalah berkecambahnya biji selagi biji masih terdapat dalam buah, belum tanggal dari pohon induknya, dapat membentuk akar  ka&g-ka&g dapat mencapai 1 meter panjangnya.

Jika biji  sudah berkecambah tadi lepas dari pohon induknya maka dengan akar  panjang tersebut dapat menancap cukup dalam di dalam lumpur, sehingga tidak akan terganggu dengan arus air  terjadi pada gerakan pasang & surut.

Hutan bakau di Indonesia terdapat di sepanjang pantai timur Sumatra, pantai barat & selatan Kalimantan & sepanjang pantai Irian, di Pulau Jawa hutan bakau  agak luas masih tersisa di sekitar Segara Anakan dekat Cilacap  merupakan muara sungai Citanduy.

Jenis-jenis hewan  dapat ditemukan dalam lingkungan hutan bakau terutama adalah ikan & hewan-hewan melata (buaya, biawak) & burung-burung  bersarang di atas pohon-pohon bakau.

Organisasi Kehidupan Tingkat Ekosistem & Bioma (sumber 2)

Anda sudah paham arti dari populasi & komunitas, lalu apakah artinya ekosistem & bioma? Sebelum masuk ke dalam pengertian ekosistem, masih ingatkah Anda apa artinya lingkungan biotik & lingkungan abiotik? Ya betul, lingkungan biotik adalah bagian lingkungan  berupa makhluk-makhluk hidup (fungi, tumbuhan, hewan, & monera). & lingkungan abiotik adalah bagian lingkungan  berupa benda tak hidup (contohnya air, tanah, udara, cahaya, pH, suhu & iklim). Menurut Anda apakah lingkungan biotik saling berpengaruh dengan lingkungan abiotik? Ya betul, memang kedua komponen tersebut saling mempengaruhi. Coba berikan sebuah contoh mengenai pengaruh lingkungan abiotik terhadap lingkungan biotik, & sebuah contoh pengaruh lingkungan biotik terhadap lingkungan abiotik. Jika Anda dapat memberikan contoh-contoh seperti  diminta tadi dengan benar, berarti pemikiran Anda sudah masuk ke dalam pengertian ekosistem.

Memang ekosistem dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik atau interaksi antara organisme dengan lingkungan abiotiknya. Definisi  lebih tepat mengenai Ekosistem adalah tingkatan organisasi kehidupan  mencakup organisme & lingkungan tak hidup, dimana kedua komponen tersebut saling mempengaruhi & berinteraksi.

Pada ekosistem, setiap organisme mempunyai suatu peranan, ada  berperan sebagai produsen, konsumen ataupun dekomposer. Produsen terdiri dari organisme-organisme berklorofil (autotrof)  mampu memproduksi zat-zat organik dari zat-zat anorganik (melalui fotosintesis). Zat-zat organik ini kemudian dimanfaatkan oleh organisme-organisme heterotrof (manusia & hewan)  berperan sebagai konsumen.



we hope Contoh Contoh Bioma are solution for your problem.

If you like this article please share on:

Archives

Categories

20HadiahLebaran aceh active Ada ada saja adsense aids anak antik Artikel Artis asma Bahasa bahasaindonesia baju band batuk bayi bekas belajar bencana Berita Berita Ringan big panel biologi bisnis bisnis online Blog Bola budidaya buku bunga burner burung cerai Cerpen chandra karya Cinta ciri cpns cuti cv daerah desain diare diet coke diet plan dinas domisili ekonomi email euro exterior fashion fat Film FISIP foke forex format FPI furniture gambar game gejala gempa geng motor geografi gigi ginjal Girlband Indonesia graver GTNM gunung gurame guru haga haki hamil harga hasil hepatitis hernia hiv Hukum hunian ibu ijin ikan indonesia Info Informasi Information Inggris Inspirational interior Internet Intertainment izin jadwal jakarta janin jantung jati Joke jokowi kamar kamarmandi kampus kantor. karyailmiah keguguran kemenag kemenkes kendala kerja kesanggupan kesenian kesepakatan keterangan kisi kkm klaim Komik Komputer kontrak kop korea lagu lamaran lambung legalisir lemari Lifestyle ligna Linux lirik Lirik Lagu Lowongan Kerja magang mahasiswa makalah Malignant Fibrous Hystiocytoma marketing Matematika mebel medan meja melahirkan menikah merk mesothelioma mesothelioma data mimisan mimpi minimalis Misteri mobil modern modul motivasi motor mp3 mual mulut mutasi Naruto news ngidam nikah nisn noah nodul nomor surat Novel novil Olah Raga Olahraga olympic opini pagar panggilan paper paspor paud pelatihan pembelian pemberitahuan pemerintah penawaran pendidikan pengantar pengertian pengesahan pengetahuan pengumuan pengumuman pengumumna Pengunduran pengurusan penyakit penyebab perjanjian perkembangan Permohonan pernyataan perpanjangan persiapan bisnis Pertanian perumahan perusahaan perut peta phones photo Pidato pilkada pimpinan pindah plpg PLS postcard pringatan Printer Tips profil Profil Boyband properti property proposal prumahan Psikologi-Psikiater (UMUM) Puisi quote Ramalan Shio rekomendasi relaas resensi resignation resmi Resume rpp ruang rumah rupa sakit sambutan Sanitasi (Penyehatan Lingkungan) Satuan Acara Penyuluhan (SAP) second sejarah sekat sekolah Selebritis seni sergur series sertifikat sinopsis Sinopsis Film Sistem Endokrin Sistem Immunologi Sistem Indera Sistem Integumen Sistem Kardiovaskuler Sistem Muskuloskeletal Sistem Neurologis Sistem Pencernaan Sistem Perkemihan Sistem Pernafasan sitemap skripsi sm3t smd sni snmptn soal Software sosial springbed starbol stnk sukhoi sumatera surabaya surat suratkuasa Surveilans Penyakit tafsir tahap Tahukah Anda? tanda tas television teraphy Tips Tips dan Tricks Seks Tips Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tips Kecantikan Tips Kesehatan Umum toko Tokoh Kesehatan top traditional tsunami tugas ucapan ujian uka un undangan undian universitas unj unm unp upi uu Video virus walisongo wanita warnet