Home » , , » Pengertian Apresiasi Seni Rupa

Pengertian Apresiasi Seni Rupa

Pengertian Apresiasi Seni Rupa dalam artian mengapresiasi karya seni adalah landasan pokok mempelajari wawasan seni budaya. Selain buat  memperluas pengetahuanmu tentang seni, hal ini juga bisa mendekatkanmu dengan seni. Kata apresiasi secara etimologi didapat dari bahasa Latin, yaitu appretiatus artinya “memberi putusan dgn rasa hormat sebagai cara buat menghargai sesuatu keindahan karya seni”. Dalam kamus umum Inggris-Indonesia to apreciate maknanya “menghargai“ appreciation artinya “penghargaan”. Mengapresiasi seni berarti berusaha mengerti tentang seni serta menjadi peka terhadap unsur di dalamnya sehingga secara sadar mampu menikmati, pada akhirnya dapat menilai karya seni secara baik.

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali terdapat pandangan  keliru terhadap pengertian seni. Hal ini bisa terjadi akibat terbatasnya informasi tentang pengertian seni. Dampaknya adalah adanya kesenjangan antara seni dengan lingkungan sosial serta lemahnya kadar apresiasi seni di kalangan pelajar juga masyarakat pada umumnya.

Sebuah karya  tercipta akan membuat efek lain pada diri penciptanya beserta orang lain. Suka atau tidak suka, indah atau tidak indah, menyenangkan atau tidak menyenangkan, serta berbagai perasaan lain akan dirasakan oleh orang  melihat karya seni tersebut.

Banyak orang  mengatakan bahwa seni merupakan sesuatu mengandung nilai indah. Pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar karena di samping indah, ada seni  tidak indah, namun tetap mengandung kata seni. Indah atau tidak indahnya suatu karya seni bergantung pada seniman  membuatnya juga para penikmat seni.

Sepanjang sejarahnya, manusia tidak terlepas dari seni. Seni merupakan bagian dari kehidupan manusia universal. Hal itu karena seni merupakan salah satu bentuk kebudayaan  mengandung nilai indah (estetis). Seni tidak mempunyai definisi tersendiri mengingat kompleksitas  kedalamannya. Pengertian seni lebih terarah pada konsep  muncul secara variatif sesuai dengan pemahaman, penghayatan, pandangan seseorang terhadap seni  dijadikan acuan atau batasan.
Share this article :

0 komentar:

mobile ads

 
powered by Blogger