Home » » Jenis Fungsi dan Tujuan Seni

Jenis Fungsi dan Tujuan Seni

Jenis Fungsi dan Tujuan Seni, Di samping kebutuhan jasmani, manusia memiliki kebutuhan yang sifatnya buat mencapai kebutuhan rohani. Di sinilah peran seni, selain hasil karya yang dihasilkan bisa dilihat, didengar, dan diamati, bisa juga menimbulkan kepuasan kepada si penikmatnya. dimana sebelumnya kita telah membahas tentang Pengelompokan Seni Rupa Secara Garis Besar dan  Pengertian Seni Audio Visual dan Audiovisual juga Pembagian Seni,

Berdasarkan fungsinya untuk pemenuh kebutuhan, seni dibagi menjadi 2 kelompok, yani fungsi individual serta fungsi sosial.

1. Fungsi Individual
Karya seni dapat menggambarkan ungkapan jiwa serta emosi pembuatnya yang mencerminkan sesuatu seperti suka, duka, sedih, marah, bahagia, cita2, pikiran, perasaan, , watak, bentuk, pandangan hidup, corak, warna, bahan, juga teknik yang dikuasai. Masing-masing seniman memiliki kemampuan tersendiri yang khas berbeda antara 1 dengan lainnya. Fungsi seni secara pribadi di sini lebih mengedepankan seni merupakan alat ekspresi buat mencurahkan ide dan gagasan seseorang lewat sebuah karya. Karya seni seperti ini bersifat pribadi. Fungsi seni yang bersifat individual bisa dibedakan menjadi 2 yaitu fisik dan emosional.

a. Fisik
Fungsi fisik ini berhubungan dengan pencukupan kebutuhan fisik manusia, baik langsung maupun hanya sebagai pelengkap aktivitasnya. Misalnya, pakaian dan perabot (meja, kursi, dan lemari), rumah , atau kerajinan, perhiasan, termasuk alat komunikasi, sepatu, dan tas.

b. Emosional
Fungsi ini berhubungan ekspresi seniman dan apresiator (penikmat konsumen). Contohnya, lukisan, novel, musik,juga film, pementasan teater/drama, dan patung.

Pada tahap selanjutnya kita akan membahas fungsi sosial dari seni
Share this article :

0 komentar:

mobile ads

 
powered by Blogger