Home » » Belajar membaca not balok biola

Belajar membaca not balok biola

Sebenarnya belajar notbalok biola (violin) sama saja dengan belajar membaca not balok pada piano atau gitar. Perbedaan hanyalah pada alat musik yang digunakan semata. Membaca not balok harus dipelajari setiap siswa didik maupun member di sokolah musik, apapun alat musiknya tidak terkecuali biola.

Kesulitan-kesulitan yang paling sering ditemukan dalam memaikan biola ketika harus menggunakan not balok adanya pada permainan group, sering sekali terjadi ketidak seragaman nada dari setiap pemain biola yang diberikan partitur not balok. sehingga harmonisasi permainan menjadi kacau.

Dasar dari membaca not balok adalah memahami tentang garis pranada. Menghafal kode-kode nada dari setiap kunci yang akan dimainkan. Tanda kunci ini harus dipahami setiap pemain biola.

Berikut ini contoh dari tanda kunci yang ada pada not balok:
kunci g not balok
Ingat saja bentuk kunci g ini seperti ujung dari biola.Kunci G sering dikatakan kunci biola karena kunci G biasanya untuk memainkan nada tinggi. Kunci G berguna  menunjukkan posisi nada G di garis kedua. Posisi nada dalam garis paranada untuk kunci G:

nada not balok kunci g

Untuk nada yang lalin silahkan lihat gambar dibawah ini


Share this article :

0 komentar:

mobile ads

 
powered by Blogger